Belajar Mengenal Website | Dasar Membuat Website | Cara Membuat Website

Merancang Website

Dalam sebuah proyek pembangunan gedung atau bangunan diperlukan sebuah perencanaan yang matang dengan segala hitungan kebutuhan dan pengerjaan yang detail, agar proyek pembangunan tersebut sukses. Hal tersebut juga harus diterapkan dalam merancang website atau situs yang akan anda lakukan.

Sebagai referensi, anda dapat melihat beberapa website formal yang telah beredar (online) kemudian rancanglah apa saja yang akan anda tampilkan di dalam website tersebut, karena isi website tentu berbeda antar satu instansi dengan instansi lainnya, meskipun memiliki tampilan atau layout website yang standar atau sama.

Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam hal merancang website, di antaranya sebagai berikut :

1. Seperti Apa Situs Yang Akan Anda Buat

Mengapa dimulai dengan pertanyaan di atas ? Karena diharapkan jawaban pertanyaan tersebut akan membawa anda mencapai tujuan yang di inginkan. Untuk membantu anda menemukan tujuan situs dibuat, berikut ini beberapa contoh website atau situs perusahaan produk komersial yang populer menurut saya, diantaranya www.indosat.com, www.xl.co.id, www.samsung.com/id dan masih banyak lagi situs lainnya.

Walaupun tidak selalu ditujukan untuk anak muda, jenis website produk komersial ini tetap tampil menarik dengan animasi Flash yang digunakan. Website ini memang unggul pada tampilan yang menarik, hal inilah yang membuat pengunjung betah dan tertarik untuk melihat lebih dalam isi website tersebut. Atau dengan kata lain website jenis ini memang ditujukan sebagai sumber informasi (katalog) produk online dan sekaligus media promosi online.

Jika situs produk terkesan gaul dan menarik, maka website intansi atau kantor umumnya terlihat lebih formal dengan bentuk yang simple atau sederhana. Sebagai contohnya bisa anda temukan di google tentang beberapa instansi pemerintahan yang ada saat ini.

2. Merencanakan Detil Isi Website

Tujuan membuat website merupakan acuan awal untuk merencanakan segala hal tentang pembuatan website yang akan dibuat. Jika anda berencana membuat website perusahaan misalnya website usaha anda seperti travel, maka anda dapat mencari referensi website tentang travel.

Jika anda berencana membangun website kantor atau instansi, misalnya website resmi sekolah dan kantoran, maka anda bisa mencari referensi mengenai website sekolahan dan pemerintahan atau kantoran. Selanjutnya rencanakan secara detil struktur website anda ke dalam sebuah catatan sebelum memulainya.

Nah itulah beberapa langkah yang harus anda ketahui dan lakukan dalam hal merancang website, dengan harapan jika membuat website ke depannya sesuai dengan tujuan yang diinginkan sebagaimana yang telah ada pada rencana sebelumnya.

Post a Comment